20/11/12

~** Kapal Pinisi **~

"Nenek moyangku orang pelaut, gemar mengarung luas samudera, menerjang ombak tiada takut, menempuh badai sudah biasa, angin bertiup layar terkembang, ombak berdebur di tepi pantai, pemuda berani bangkit sekarang, ke laut kita bersama-sama...." Masih pada ingat kan lagu anak-anak yang satu ini...????
Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut, sehingga untuk mengangkut barang-barang kebutuhan antar pulau atau antar negara dibutuhkan kapal yang bisa menampung banyak barang dan bisa menekan ongkos. Salah satu kapal yang digunakan adalah dengan menggunakan jasa kapal laut.

Kapal pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia yang berasal dari suku bugis. Kapal pinisi memiliki jumlah layar sebanyak 7 buah, menurut filosofinya 7 layar menandakan nenek moyang kita yang telah mengarungi tujuh samudra. Tujuh layar terbagi atas empat layar besar yang ada di badan, kapal dan tiga layar kecil yang ada di anjungan kapal. Berat kapal pinisi antara 100-200 ton yang rangkanya terbuat dari kayu. Kapal pinisi memiliki 2 jenis yaitu kapal lamba atau lambo, kapal jenis ini termasuk modern soalnya sudah dimodifikasi menggunakan mesin diesel. Sedangkan yang kedua berjenis polair kapal pinisi jenis ini adalah bentuk asli kapal pinisi, bisa diliat dengan bentuk aslinya yang melengkung dan memiliki ukuran yang lebih kecil sayangnya jenis kapal pinisi seperti ini sudah jarang dugunakan, posisinya sudah digantikan oleh kapal mesin yang lebih mudah dioperasikan. 
Kapal KRI Dewaruci merupakan salah satu kapal pinisi yang sampai saat ini masih digunakan. Kapal milik TNI Angkatan laut berfungsi sebagai kapal latih, dikapal inilah tempat melatih angkatan laut dan berkeliling dunia.

Seiring dengan majunya teknologi kini berbagai kapal modern diciptakan, salah satunya adalah jenis kapal katamaran. Kapal katamaran merupakan sebuah kapal laut yang memiliki jenis lambung ganda. Bedanya kapal belambung ganda dengan yang biasa yaitu bila kapal biasa badannya berasa di air semua namun jika kapal berlambung ganda ini cuma kakinya yang di air justru badannya terapung ditahan oleh kaki-kaki yang ada di samping kanan kiri, dan yang berjalan adalah kaki-kaki masuk pada rongga. Kapal dengan dua lambung biasanya digunakan sebagai kapal pesiar, kapal patroli atau kapal perang. Di Indonesia kapal jenis katamaran banyak digunakan di perairan yang relatif dangkal. Penggunaan dua buah lambung berguna agar kapal menghasilkan kecepatan tinggi, serta mengurangi stabilitas kapal itu sendiri. Selain katamaran ada juga kapal trimaran, kapal dengan tiga buah lambung.

Pernah ga kalian berpikir mengapa kapal bisa mengambang di laut, sedangkan beratnya berton-ton......???? Benda seperti kapal memiliki rongga udara di dalamnya, rongga udara inilah yang menghasilkan daya dorong terhadap permukaan air. Seperti prinsip kerja hukum archimedes "apabila sebagian atau keseluruhan permukaan sebuah benda terbenam dalam air maka benda tersebut akan mendapat daya tekan mengarah ke atas, besar gaya tekan tersebut sama dengan berat air yang dipindahkan oleh benda tersebut". Dengan kata lain rongga udara tersebut fungsinya untuk memperbesar ukuran kapal tersebut.

Sebagai contoh bila beberapa buah jarum yang dicelupkan ke dalam air langsung tenggelam kedasar kolam, dan bila yang diletakkan kapal mainan dengan luas penampang yang lebih besar, kapal mainan mampu mengapung ini karena kapal mainan memiliki rongga udara, udara dalam ronggalah yang membuat berat kapal berkurang dibandingkan dengan berat air. Tapi ketika kita mengisi rongga udara dengan air maka kapal akan kehilangan gaya dorong dari permukaan air di bawahnya hasilnya kapal akan tenggelam.

Gimana masih bingung ga dengan ulasan yang saya rangkum ini, semoga saja mudah dipahami dan bisa membantu ya. Karena sudah malam saatnya undur diri ya.  (L)

1 komentar: